Kemarin, (23/10), GH mengadakan forum yang diikuti oleh para AoE (wakil himpunan untuk Ganesha Hijau). Di forum itu, kami membicarakan tentang:

E-Star
E-Star adalah program Kementerian Kewirausahaan dari kepengurusan Hery Darmawan. Tujuan program ini adalah membangun hubungan para mahasiswa antaruniversitas di Asia Tenggara melalui kewirausahaan.

E-Star akan diwujudkan dalam bentuk rangkaian kegiatan di bulan Februari 2012. Dalam episode E-Star tahun depan, konsep yang akan dibawa adalah ‘greenpreneurship’.

Hah?! Greenpreneurship? Bukankah ‘bisnis’ dan ‘lingkungan’ merupakan dua hal yang saling bertentangan? Bukankah pada hakikatnya tidak ada bisnis yang 100% ramah lingkungan? Apa untungnya jika kita melakukan bisnis yang berwawasan lingkungan?

Di E-Star, semua pertanyaan itu akan dijawab oleh para ahli, baik praktisi maupun akademisi. Untuk pendekatan dari sisi mahasiswa, panitia E-Star juga sedang berkolaborasi dengan Ganesha Hijau, TEC, dan Asian Pacific Student Entrepreneurship Society.

The Baksil: Reloaded
Penetapan Babakan Siliwangi sebagai hutan kota sudah dirayakan besar-besaran oleh TUNZA. Tapi ketika kami mengadakan kunjungan ke Babakan Siliwangi, masih beberapa hal yang tidak seharusnya ada. Di rute forest walk masih terlihat sebuah kubangan yang jadi kuburan sampah plastik. Sampah dedaunan tertumpuk sepanjang jalan. Bahkan, tak jauh dari rute forest walk, ada sebuah mata air yang jadi tempat mandi penduduk.

Ganesha Hijau bekerja sama dengan himpunan-himpunan berkeilmuan-lingkungan akan mencari solusi untuk permasalahan ini. Jika solusi sudah ditetapkan dan massa himpunan dapat digerakkan, informasi lanjut akan diberikan.

Sekian berita dari Ganesha Hijau. Sampai jumpa di berita selanjutnya :D