Tahu dong taman yang ada di depan kampus? Mumpung isunya masih bisa dikatakan hangat dan mungkin ada beberapa dari teman-teman yang belum tahu, baca yuk sedikit artikel di bawah tentang taman ini!

Taman Ganesha

Taman Ganesha (sumber: http://static.panoramio.com/photos/large/42200702.jpg)

Seperti yang kita ketahui, Taman Ganesha merupakan salah satu taman di Kota Bandung yang terletak tepat di depan kampus ITB atau bertepatan di Jalan Ganesha. Taman ini pertama kali dibangun pada tahun 1919. Awalnya, taman ini bernama Ijzermanpark yang diambil dari nama Dr. Ir. J. W. Ijzerman yang telah berjasa dalam pendirian Technische Hogeshool atau yang sekarang dikenal sebagai Institut Teknologi Bandung. Letaknya yang cukup strategis ini menjadikan Taman Ganesha bisa menjadi salah satu alternatif tempat wisata di Kota Bandung. Taman ini terasa sejuk dan rindang karena dikelilingi oleh pohon-pohon yang tinggi dan teduh. Selain itu, taman ini juga memiliki 44 jenis tanaman yang dapat menjadi hunian bagi berbagai jenis burung sehingga taman ini juga dikenal sebagai tempat konservasi beberapa jenis burung. Ditambah lagi, sekitar taman ini ramai tempat pedangang bermacam-macam jenis jajanan khas bandung yang dapat kita nikmati sambil berekreasi.

Sayangnya, seiring perkembangan zaman, masyarakat lebih memilih untuk berekreasi di tempat perbelanjaan maupun café. Hal ini menarik perhatian alumni ITB yang kemudian memutuskan untuk menindaki kondisi Taman Ganesha. Pada tahun 2011, para alumni ITB dan Pemerintah Kota Bandung sepakat untuk mengadakan proyek revitalisasi Taman Ganesha demi mewujudkan Taman Ganesha yang bersih, harmonis, terpelihara, dan berfungsi sebagai media pengembangan kreativitas masyarakat dan mahasiswa. Revitalisasi atau penataan kembali Taman Ganesha dan sekitarnya ini tentunya akan tetap mempertahankan nilai sejarah yang sudah ada sejak dulu, tetapi ditambah dengan desain dan fungsi yang baru. Beberapa di antaranya adalah akan ada amphitheatre, bangunan untuk publik, dan juga sarana kreatif. Proyek revitalisasi Taman Ganesha ini sudah dimulai sejak tahun 2013.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Taman Ganesha dikenal sebagai tempat konservasi beberapa jenis burung sehingga revitalisasi yang dilakukan ini memperhatikan jenis-jenis tanaman yang akan ditanam nantinya. Tanaman yang dipilih merupakan tanaman yang dapat menjadi hunian bagi burung-burung tersebut, tanaman obat kosmetik dan aromatik. Tidak hanya memperhatikan tanaman, rencananya revitalisasi Taman Ganesha ini juga akan menerapkan Sistem Penampungan Air Hujan (SPAH) dengan teknik Aqua Cell untuk menghindari genangan air hujan di kawasan tanah. Dalam pengelolaannya, sampah dari Taman Ganesha akan dipisah menjadi sampah organik dan nonorganik. Pengelolaan air limbah taman ini pun akan menggunakan sistem Biofil dan Biority yang merupakan sistem pengolahan air limbah domestik yang ramah lingkungan. Keuntungan dari penggunaan sistem ini selain ramah lingkungan adalah pengolahan air limbah dapat dilakukan dengan tingkat efisiensi 90%.

Untuk melengkapi rencana revitalisasi Taman Ganesha, akan dilakukan penertiban terhadap para pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitar Taman Ganesha. Mereka akan dipindahkan ke Jalan Gelap Nyawang dengan terlebih dahulu membangun gedung baru dua lantai khusus untuk para PKL. Lingkungan di sekitar Taman Ganesha saat ini banyak digunakan sebagai lahan parkir oleh mahasiswa. Maka dari itu, Pemkot Bandung akan bekerja sama dengan Manajemen Kebun Binatang Bandung untuk menertibkan kawasan disekitar Taman Ganesha yang dijadikan lahan parkir. Hal ini dilakukan dengan membangun gedung parkir khusus di lahan parkir kebun binatang yang berada di Jalan Tamansari. Rencananya, gedung parkir tersebut akan memiliki 3 lantai untuk dapat menampung banyak kendaraan. Sistem parkir yang digunakan adalah sistem terpadu, yaitu pada hari Senin hingga Jumat digunakan untuk mahasiswa ITB dan pada hari Sabtu dan Minggu digunakan untuk pengunjung kebun binatang. Proyek ini akan dijalankan pada tahun 2014 ini. (Widiarti Amanu Yumana & Ichiara Disa Putri)

Ya, kita doakan aja proyek revitalisasi Taman Ganesha beserta proyek-proyek yang berkaitan berjalan lancar dan nantinya akan bermanfaat bagi semua pihak…

 

Salam Hijau,

Ganesha Hijau