Pengen berbagi sedikit cerita nih mengenai pengelolaan sampah di kampus kita..Mudah2an temen2 mau membaca tulisan yang amburadul dan sperti ceker ayam ini..

Ada yang tau ga, kalo sampah di kampus kita setelah dibuang di tempat sampah yang warna item-putih , terus dikemanain yaa?

Dari hasil survey terhadap 350 responden, TERNYATA OH TERNYATA hanya 26% mahasiswa ITB yang tau kalo sampah kita diangkut dan diolah di PPS SABUGA..Weleh Weleh…..

hmm….Mungkin ini yang ngebuat pada males memilah sampah kali ya? “karena byk yg berpendapat, toh entar juga sampah nya disatuin lagi”..Bener Ga sih? yuk kita telusuri perjalanan sampah di kampus kita..

Cekidot!!

Alur Perjalanan Sampah dikampus kita gimana sih?

Tempat Sampah Terpilah >>>> Pengangkutan oleh mobil pengangkut sampah >> Pusat Pengolahan Sampah Sabuga

Hmm..lalu di Pusat Pengolahan Sampah (PPS) Sabuga diapain aja sih sampahnya?

Jadi di PPS SABUGA sendiri ada beberapa alur pengolahan,yaitu :

PENGOMPOSAN

Di PPS SAbuga, sampah yang dapat mudah membusuk (potongan rumput, dedaunan kering, sisa makanan kantin,dll) akan dikomposkan menjadi pupuk Organik dengan produk “KOMPOS GANESHA”..Wah, mantap tuh!yang butuh kompos, beli aja kompos Ganesha..

Pengomposan di PPS Sabuga

DIJUAL KE BANDAR

Nah, lalu yang sulit membusuk seperti kertas,kardus, botol, logam,dan barang lain nya yang memiliki nilai ekonomis (laku utk dijual ke Bandar) akan dikumpulkan dan disalurkan tersendiri.

Sampah yang terpilah untuk di jual ke Bandar

INSENERASI

Lalu, sampah yang tidak memiliki nilai ekonomis diapain? ternyata ITB membuat sebuah mesin pembakar (insenerator) yang dibakar pada suhu yang relatif tinggi dan juga dilengkapi dengan alat pengendali pencemaran udara yang bernama Cyclone.

Pembakaran sampah dengan teknologi Insenerator

Dari pembakaran ini, akan diperoleh debu atau abu sisa pembakaran yang dapat digunakan sebagai bahan bangunan seperti batako, pot bunga, dll.

Abu hasil pembakaran insenerator jadi BATAKO cap ITB..hehe

Pesan dari Direktorat Sarpras :

  • Hindari Pemakaian Kemasan Makanan dari Bahan Styrofoam!

Hal tsb karena keterbatasan kemampuan dr sarana pengolahan sampah saat ini belum mampu untuk mengolah sampah yang berasal dr bahan styrofoam, dan juga styrofoam tidak baik untuk kesehatan (karsinogenik). Oleh karena itu, diharapkan agar warga kampus ITB tidak memesan makanan yang dikemas dgn menggunakan kemasan styrofoam

  • Membantu Memilah sampah dari sumber (mudah membusuk dan sulit membusuk)

Seluruh Civitas akademika dapat berpastisipasi dengan memilah sampah sesuai jenisnya karena akan sangant membantu proses pengelolaan selanjutnya.

————————————————————————————————————————————————–

Nah, Sahabat2 Kampus ITB yang cerdas2, gimana setelah mengetahui pengelolaan sampah kampus kita? ternyata sistem pengelolaannya sudah ada yah..Mudah2an menjawab dan memberi sedikit informasi, kalau SAMPAH di ITB tuh ada sistemnya loh.

Tapi sayang nih, pada kenyataannya kondisi kampus kita seperti berikut (jangan takut ya melihat gambar dibawah ini, hehe)  :

ini waktu tahun 2009 akhir, di tempat sampah deket altim, sekarang udah pake bak yang lebih besar sih..Tapi lita coba yang mengesalkannya..itu Sampah styrofoam nya maakkkjaangg..
Nah, ini salah satu contoh buruk perilaku anak2 ITB di RUang 32 CC barat ..Buang SAmPAH pada tempatnya AJA GA BISA! Ini yah yang katanya anak2 TERBAIK NEGERI INI? GA yakin tuh..
Pemesanan Konsumsi untuk kegiatan masih banyak nih yang pake Styrofoam..ckckck

“Jadi Kalo LO ANAK ITB! Bantu dong bapak2 yang setiap hari harus mengolah sampah kita biar lebih lancar pekerjaannya. Kasian kan kalo mereka Waktu kerja nya harus nambah lagi untuk memilah sampah di PPS SABUGA.”

(duh, ,maaf-maaf, kebawa esmosii nih gara2 kasian ngeliat kerjaan bapak2 disana yg milah2 teruuuzz.)

Tapi di Balik itu Semua…

Ternyata temen2 lembaga baik himpunan dan unit pun membuat suatu program yang dapat mendukung sistem pengelolaan sampah di kampus ITB. Mau tau apa aja kegiatan yg dilakukan teman2 lembaga yang concern banget nih ke pelestarian lingkungan…Jeng Jeng Jeng,,siapakah merekaaa???

Mereka adalaah………….

  • HMTL (Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan)

di HMTL ternyata sudah ada 6 jenis pemilahan sampah di dalam himpunaan dan juga tempat sampah khusus untuk kertas di seluruh sudut gedung Teknik Lingkungan.

6 jenis pemilahan sampah di HMTL (kertas,Tetrapak,bungkus kemasan,sampah organik,anorganik, dan botol plastik)..Gambar2. Tempat pemilahan sampah kertas, untuk di daur ulang atau dipakai lagi yang sisi nya masih kosong

Selain itu, sistem perkuliahan di TL, terutama untuk laporan praktikum, dan juga draft Tugas Akhir untuk bimbingan, menggunakan kertas bekas yang sisinya masih kosong (REUSE PAPER).

  • IMA-G (Himpunan Mahasiswa Arisitektur)

Himpunan Mahasiswa Arsitektur pun membangun suatu sistem pemilahan sampah untuk kertas dan botol plastik yang dilakukan oleh tim SAMANTHA (Sebuah kelompok minat yang ada di IMA-G).

Pemilahan sampah di Gedung arsitektur

Selain itu , himpunan mahasiswa arsitektu juga sangat concern terhadap tertib publikasi dengan sistem One Paper One Board,

Kampanye “One Paper One Board”

dengan salah satu tujuannya mengurangi sampah kertas dari publikasi acara (REDUCE PAPER).

  • HIMATEK (Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia)

Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia dengan tim Eco-Che nya telah membangun suatu sistem pengelolaan sampah di Program studi nya, dengan menambahkan tempat sampah khusus tetrapak (aseptik) selain tempat sampah yg mudah membusuk dan sulit membusuk.

tempat sampah di gedung Teknik Kimia
  • UGREEN

Teman2 U-Green juga concern dalam mengkampanyekan sistem pengelolaan sampah di kampus dan setiap anggotanya untuk memilah sampah. Salah satu program U-Green adalah WARUNG KERTAS. Sebuah kegiatan Daur Ulang terhadap sampah kertas untuk diproduksi menjadi kertas kembali (RECYCLE PAPER).

recycle paper

Luar Biasa yah apa yang dilakukan oleh temen2 lembaga tersebut. Mudah2an gerakan mereka dapat terus kontinu (berkelanjutan).

Pengelolaan sampah di kampus kita tidak akan berjalan dengan baik, jika tidak didukung oleh seluruh civitas akademika ITB itu sndiri, terutama oleh mahasiswa2nya..

Ternyata Percuma jika Infrastruktur dan  PERATURANnya sudah GREEN tetapi PERILAKU/ATTITUDE kita masih tidak tertib. Untuk itu dibutuhkan suatu gerakan bersama dalam membangun GREEN ATTITUDE tersebut, mulai dari berbagai hal kecil, tetapi berdampak besar.

hmm..

Apa yah contohnyaa???

ADa beberapa hal yang bisa banget nih kita lakukan..

Misalnya :

  • Yuk Kita mengganti KULTUR PERANG AIR saat wisudaan, yang ternyata satu himpunan saja bisa sampai 8000 plastik, dan membuang air bersih begitu saja.
  • Mari Kita TIDAK lagi MENGGUNAKAN STYROFOAM di setiap acara yang kita bikin.
  • Sudah saatnya kita membawa BOTOL MINUM dan TEMPAT MAKAN SENDIRI untuk mengurangi pembelian botol plastik air kemasan, dan juga bungkus plastik untuk makanan
  • Dan tentu sudah saatnya pula kita mengurangi konsumsi Kantong KRESEK dengan cara memakai kembali kantong kresek yang sudah kita simpan, atau dengan membawa tas yang praktis dan dapat menjadi wadah pengganti kantong kresek.
  • Yuk kita Memilah sampah,cuma dua jenis ko, ga suliitt,,
  • Ayo kita mengurangi publikasi dengan media kertas, karena kertas dari pohon, dan deforestasi semakin meningkat di Indonesia. Ganti yuk dengan media maya.sekarang lebih trend loh.. (bisa contoh tuh publikasi nya M-FEST HMM, dan juga BIOFRONT nya NyMPHAEA..PAPER LESS banget loh booooo..hehe

Jadiiiiii…sudah saatnya kita semua berperan, berkolaborasi, dan bergerak..

Untuk Kampus yang kita cintaii, untuk lingkungan sekitar, dan untuk alam bumi ini..

A small thing, will give a big impact..

Let’s think Globally, and Act Locally

Walau usaha sekecil apapun,temen2 sudah menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain,,karena menjaga lingkungan itu simple sih..intinya gimana supaya kita ga berlebihan, agar alam ini dapat tetap mensupport untuk kehidupan anak cucu kita kelak..

p.s : “Dengan teman2 menyebarkan informasi ini, teman2 telah membantu mengkampanyekan pengelolaan sampah agar kampus ini turut menjadi bagian dari Solusi, bukan  menjadi sumber masalah untuk Lingkungannya..”

Mohon maaf sebelumnya kalo ada kata yang kurang berkenan kelak..masih belajar menulis..

Terima kasiihh =)

Salam Kolaborasi,

Muhammad Fariz-15306054

“Let’s collaborate through ecocampus movement”

29 Responses to “Pengelolaan Sampah”

  1. Hair Care says:

    Very nice write-up. I absolutely appreciate this site.
    Keep it up!

  2. Ned says:

    We’re a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
    Your web site offered us with valuable information to
    work on. You have done an impressive job and our whole
    community will be grateful to you.

  3. Simply desire to say your article is as surprising. The clearness in your post is simply great and i can assume you’re an expert
    on this subject. Fine with your permission let me to grab your
    RSS feed to keep updated with forthcoming post. Thanks a million and
    please continue the gratifying work.

  4. That is very fascinating, You are a very skilled blogger.

    I’ve joined your rss feed and sit up for looking for extra of your
    fantastic post. Also, I’ve shared your website in my social networks

  5. Hello there! This article could not be written any better!

    Reading through this post reminds me of my previous roommate!
    He always kept talking about this. I’ll forward this article to him.
    Fairly certain he’s going to have a great read. I appreciate you for sharing!

  6. website says:

    Heya i am for the first time here. I came across
    this board and I in finding It really helpful & it helped me out a lot.
    I’m hoping to give something again and help others such as you aided me.

  7. It needs tɦe nourishment tɦat comes wіth the bеst skincare products ߋn the market.

    Ferulic Acid: Ferulic Acid іs a phenolic compound found inn Argan Oil.
    Visit mmy website tօdɑy foг mpre informatiоn on these powerful substances.

  8. I am regular reader, how are you everybody?
    This piece of writing posted at this web site is truly good.

  9. whoah thіs blog iѕ magnificent i really liκe studying your posts.
    Stay սр tɦe good աork! You қnow, mmany people аre searching аrօսnd for this informɑtion, yοu can hеlp thеm greatlƴ.

  10. Murray says:

    Vitamin А is commonly referred to ass tҺe ‘skin vitamin’
    while Vitamin E iѕ impoгtant for anyy healthy skin. Gօ with
    a cupful of nuts or yogurt, ߋr perhɑps raw veggies likke celery orr ѕmall carrots.
    WҺen rosacea is progressed itss ѵery difficult tо cure tҺе disease.

  11. Howdy! I know this is kinda off topic however , I’d figuredd I’d ask.
    Would you be interested in trading links or maybe guest
    writing a blog post or vice-versa? My website goes over a lot of the same topics as yours and I believe we could greatly benefit from
    each other. If you might be interested feel free to send me an email.
    I look forward to hearing from you!Superb blog by the way!

  12. Simply wish to say your article is as surprising. The clarity to your put up
    is just cool and i can suppose you are a professional
    on this subject. Well together with your permission let me
    to seize your feed to stay updated with impending post.
    Thank you 1,000,000 and please continue the enjoyable work.

  13. Carma says:

    Hello There. I found your blog using msn. This is a
    really well written article. I will make sure to bookmmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the post.
    I’ll certainly return.

  14. Hello There. I found your blog using msn. This is a really neatly written article.
    I’ll make sure to bookmark it and come back to learn more of your useful info.
    Thanks for thee post.I’ll definitely comeback.

  15. Hey there! Quick question that’s entirely off topic. Do you know how to
    make your site mobile friendly? My site looks weird when viewing from my iphone 4.

    I’m trying to find a theme or plugin that might be able to fix this problem.

    If you have any recommendations, please share. Cheers!

  16. Valeria says:

    Excellent blog right here! Also yoour website quite a bit up very fast!
    What web host are you using?Can I get your affiliate link
    in your host? I want my web site loaded up as quickly aas yours lol

  17. Thanks a lot forr sharing this witrh all of us you actually recognize whaat you’re talkking approximately!
    Bookmarked. Please also consult with my website =).
    We ccan have a hyperlink exchange arrahgement among us

  18. diet says:

    I have been exploring for a bit for any high-quality articles or blog posts in this kind of house .
    Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this website.
    Reading this information So i’m satisfied to show that I’ve a very excellent uncanny feeling I came upon just what I needed.
    I most indubitably will mae cerain to do nnot disregard this web site
    and gige it a look regularly.

  19. Hello there! This is my first visit to your blog!

    We are a team of volunteers and starting a new project in a community in the same
    niche. Youur blog provided us usseful information to work on. You have done a wonderful job!

  20. Hello there! This post couldn’t be written any better!
    Reading through this post reminds me of my
    old room mate! He always kept talking about this.

    I will forward this page to him. Pretty sure he will have
    a good read. Many thanks for sharing!

  21. This is really fascinating, You’re an overly professional blogger.
    I have joined your rss feed and sit up for searching for extra of your magnificent post.
    Additionally, I’ve shared your site in my social networks

  22. Excellent post. I used to be checking constantly this weblog and I’m
    inspired! Very useful information specially the closing phase :
    ) I take care of such info a lot. I was seeking this certain information for a long time.

    Thanks and best of luck.

  23. sinn says:

    Hello! I could have sworn I’ve been to this blog before but after reading
    through some off the post I realiized it’s new to me.
    Anyways, I’m definitelyy happy I found it and I’ll be bookmarking
    andd checking back often!

  24. Truly when someone doesn’t be aware off after that its up to other
    viewers that they will assist, so here it occurs.

  25. Deanna says:

    I think this is one of the mozt vital info for me.
    And i’m glad reading your article. But should remark on some general things, The website sfyle is wonderful, the articles is really
    excellent : D. Goodd job, cheers

  26. I want to to thank you for this good read!! I definitely loved every little
    bit of it. I have got you book marked to check out new stuff
    you post…

  27. source hack says:

    I will right away snatch your rss as I can’t find your email
    subscription hyperlink or e-newsletter service.
    Do you’ve any? Kindly allow me realize so that I may just subscribe.
    Thanks.

  28. Hello! Do you know if they make any plugins to protect against hackers?

    I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on. Any recommendations?

  29. Hi there! I’m at work surfing around your blog from my new iphone 4!
    Just wanted to say I love reading through your blog and look forward to all your posts!
    Keep up the outstanding work!

Tinggalkan Tanggapan


− four = 1